INFO HIPKI :

Sadar Pendidikan

Senin, 14 Januari 2013

Sadar Pendidikan


Manusia dengan segala kompleksitas yang terdapat pada dirinya, disatu sisi menampilkan bahwa manusia adalah makhluk dinamis yang senantiasa bergerak mengikuti laju zamannya dan membuktikan bahwa eksistensi manusia senantiasa actual dimanapun dan kapanpun. Sifat dinamik inilah yang menunjukan bahwa manusia memiliki potensi yang luar biasa untuk beradaptasi dengan lingkungan dimana ia berada. Secara religius potensi yang dimiliki manusia itu disebut dengan fitrah sehingga seorang Abu Ahmadi mendeskripsikannya sebagai berikut:
Bertolak dari penjabaran di atas, pendidikan dalam prosfeksi jangka pendek merupakan sebuah proses yang dilakukan secara sengaja untuk meletakan dan menanamkan nilai-nilai humanistic kepada peserta didik agar tetap terjaga dan teraktualisasi hingga akhir masa. Sejalan dengan hal tersebut, Philip H Phenix dalam realm of meaning a philosophy of the curriculum for general education yang dikutip oleh A. Jayadi (2004: 131), mengatakan bahwa:
Pendidikan umum adalah suatu program pendidikan yang diselenggarakan secara sistematis dan programatis untuk membina makna-makna essensial pada diri manusia. Berbeda dengan Phenix, Alberty and Alberty mengatakan bahwasannya pendidikan umum lebih menekankan kepada persoalan nilai, sikap, pemahaman, dan keterampilan yang perlu untuk dimiliki oleh setiap warga Negara yang menjunjung demokrasi.
Bersandar pada pernyataan tersebut, pendidikan umum itu sarat atau identik dengan pendidikan kepribadian, yaitu upaya pendidikan untuk membimbing, mengembangkan potensi manusia sebagai pribadi, sehingga memiliki kesadaran sebagai makhluk individu, makhluk sosial dan sekaligus ‘abdullah dan khalifatullah (A. Jayadi, 2004: 133). Dengan demikian pendidikan menjadi satu-satunya wadah yang paling efektif untuk melestarikan nilai-nilai fitrah yang tertanam dalam diri manusia.
Kesadaran dan penyadaran merupakan dua buah aktivitas yang mudah diungkapkan dalam pembicaraan namun sulit untuk diaktualisasikan. Oleh karena itu, pentingnya kesadaran dalam pribadi individu baik sebagai masyarakat kecil (keluarga) atau sebagai masyarakat yang lebih besar (social environment) menjadi sebuah keniscayaan yang mesti dibina dan ditanamkan sejak dini pada peserta didik.
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright DPC HIPKI KABUPATEN MUSI RAWAS 2013 -2017 | Powered by Blogger.com.